PENDIDIKAN MATEMATIKA

http://pendidikanmatematika.unisla.ac.id/

Visi, Misi, Tujuan, dan Strategi

Visi

Mencetak insan akademis berkemampuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dalam bidang Pendidikan Matematika yang mengamalkan risalah Islamiyah Ahlussunnah wal Jamaah an Nahdliyah dan unggul dalam tataran nasional tahun 2030.

Misi

  1. Menyelenggarakan program pendidikan tinggi melalui implementasi tridarma perguruan tinggi yang kompetitif (terbarukan/berkembang terus dan berkelanjutan) berasaskan nilai-nilai ke-Islaman dalam al Qur’an dan as Sunnah berdasarkan aqidah Ahlussunnah wal Jamaah an Nahdliyah sebagai sumber kebenaran;
  2. Melaksanakan kegiatan pendidikan/pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat secara integratif untuk mencetak generasi intelektual Islami yang cerdik cendekia, bertaqwa dan berakhlak mulia serta pengembangan pendidikan dan penelitian berkelas nasional;
  3. Menumbuhkembangkan suasana akademik yang kondusif sebagai wujud ilmu amaliah dan amal ilmiah sebagaimana tuntunan aqidah ahlussunnah wal jamaah an nahdliyah;
  4. Mengedepankan tata krama nilai ke-Islaman dalam proses pembelajaran kelas, implementasi tugas terstruktur dan tugas mandiri untuk mewujudkan karakter alumnus muslimin/muslimat technopreneur dan entepreneur yang cerdas, kreatif, mandiri dan tangguh;
  5. Menghasilkan karya berstatus Hak atas Kekayaaan Intelektual (HaKI) yang bermanfaat bagi kemaslahatan umat;
  6. Melaksanakan pengabdian sesuai dengan kebutuhan masyarakat lokal, nasional dan internasional; dan
  7. Menyelenggarakan, mengembangkan dan menjalankan sistem tata kelola universitas yang baik dan bersih sesuai dengan prinsip good university governance.

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan pendidikan matematika dengan kompetensi yang relevan berdasarkan tuntutan dunia kerja, khususnya dalam bidang pendidikan matematika;
  2. Menghasilkan lulusan pengembang pendidikan matematika melalui penelitian inovatif dalam pembelajaran matematika dan menerapkan hasilnya; dan
  3. Menghasilkan lulusan yang berjiwa kewirausahaan dan inovatif yang berguna bagi dunia pendidikan matematika serta mengaplikasikan perkembangan pendidikan matematika ke masyarakat.

Strategi

  • Bidang Pendidikan dan Pengajaran
    1. Melaksanakan kurikulum yang telah dikembangkan dengan berlandaskan capaian pembelajaran lulusan.
    2. Meningkatkan kualitas dosen dengan bidang keahlian yang sesuai rumpun keilmuan yang ditunjukkan dengan tingkat pendidikan magister.
    3. Menyelenggarakan perkuliahan dan bimbingan yang berkualitas sehingga menghasilkan mahasiswa dengan rata-rata indeks prestasi kumulatif yang baik, yaitu IPK minimal 3,00.
    4. Menyelenggarakan perkuliahan berbasis teknologi di bidang pendidikan.
  • Bidang Penelitian
    1. Melaksanakan kegiatan penelitian oleh dosen dan/atau mahasiswa di tingkat nasional dan internasional.
    2. Meningkatkan jumlah penelitian yang didanai dari pihak dalam maupun luar perguruan tinggi.
    3. Meningkatkan mutu penelitian oleh dosen dan/atau mahasiswa pada bidang pendidikan.
    4. Pemanfaatan hasil penelitian dosen dan/atau mahasiswa sebagai bentuk peningkatankualitas pendidikan nasional di bidang pendidikan.
  • Bidang Pengabdian kepada Masyarakat
    1. Melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh dosen dan/atau mahasiswa pada bidang pendidikan secara konsisten.
    2. Meningkatkan jumlah pengabdian kepada masyarakat yang didanai dari pihak dalam maupun luar perguruan tinggi.
    3. Pemanfaatan hasil pengabdian kepada masyarakat dosen dan/atau mahasiswa sebagai bentuk peningkatankualitas pendidikan nasional di bidang pendidikan.
  • Bidang Kerjasama
    1. Melakukan kerjasama dengan instansi-instansi terkait untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia.
    2. Melakukan kerjasama dengan instansi-instansi terkait dengan kegiatan pengajaran di bidang pendidikan.
    3. Melakukan kerjasama dengan instansi-instansi terkait dengan kegiatan penelitian di bidang pendidikan.
    4. Melakukan kerjasama dengan instansi-instansi terkait dengan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di bidang pendidikan